Virgin Coconut Oil: Khasiat Penyembuhan dari Kaki Gunung Egon


Hampir semua cerita tentang kisah penciptaan di seluruh kebudayaan menggambarkan alam sebagai suatu ruang yang diciptakan untuk kelangsungan hidup manusia. Alam menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk kehidupan manusia, mulai dari kebutuhan akan sandang, pangan, papan, dan obat-obatan. Suatu kesadaran akan tanggungjawab melestarikan dan mengolah alam ditanamkan ke dalam diri manusia meski kadang manusia menjadi buta oleh karena berbagai sebab.

Mama Matha Dhai dan Bapak Kasianus Lado, pasangan suami istri yang tinggal di kaki gunung Egon, khususnya di Dusun Blidid, Kecamatan Waigete-Kabupaten Sikka, menyadari dengan sungguh betapa alam Egon menyediakan sesuatu untuk mereka olah. Pasangan suami istri yang aktif dalam berbagai kelompok tani hortikultura di dusunnya, dan juga pemandu wisata alam Egon ini, berusaha membudidayakan tanaman kelapa masyarakat sekitar untuk dijadikan obat-obatan herbal yang memiliki banyak khasiat. Obat-obatan alternatif-herbal yang dibudidayakan ini dikenal dengan nama Virgin Coconut Oil (VCO), atau minyak kelapa murni.

Usaha ini mulai dijalankan sejak akhir tahun 2009, setelah mama Martha Dhai diundang untuk mengikuti suatu program pelatihan yang diprakarsai oleh YAKKUM Emergency Unit, suatu organisasi sosial bertaraf internasional yang khusus memperhatikan pemberdayaan masyarakat daerah rawan bencana (bencana alam, perang, konflik etnis, dll) dalam berbagai aspek terutama dalam situasi gawat darurat. Mama Martha Dahai yang menyadari betul situasi alam Egon yang kaya akan tanaman kelapa memberi perhatian khusus pada program VCO. Pada awalnya, produksi VCO dibuat hanya untuk dikonsumsi dalam keluarga. Namun, atas pengarahan Bapak Siswo Pranoto, salah satu fasilitator, Mama Martha Dhai mulai melihat aspek komersialnya, demi pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar. Kemudian, Mama Martha Dhai mengajak para tetangga dan beberapa kerabatnya untuk menjalankan suatu industri rumah tangga yang memproduksi VCO dalam jumlah yang lebih besar. Industri yang diberi nama ‘Egon Sakti’ ini diawali dengan modal swadaya dan perlengkapan kerja seadanya, kemudian berkembang dan selama beberapa tahun ini mendapat dukungan dari Komisi Pengembanagan Sosial Ekonomi (PSE) Keuskupan Maumere.

VCO sendiri terbuat dari daging kelapa segar yang diolah dalam suhu rendah atau tanpa melalui pemanasan (Cold Expelled Coconut Oil/CECNO), sehingga kandungan yang penting dalam minyak tetap dipertahankan, mempunyai warna lebih jernih, dan dapat tahan selama lebih dari dua tahun (2 tahun) tanpa menjadi tengik. VCO mengandung berbagai macam lemak non-kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh dan juga kaya akan Medium Chain Triglyseride (MCT), dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG): 1 sendok makan 14 gr mengandung 1 gr lemak jenuh rantai panjang, 0,5 gr lemak jenuh rantai pendek, dan Vitamin 300 ppn. VCO telah melalui uji laboratorium BPOM dan terbukti ampuh sebagai antivirus, anti-bakteri dan Protozoa. VCO sendiri mampu menambah dan menjaga daya tahan tubuh, menjaga sistem koordinasi, melancarkan pencernaan, dan mencegah serta menyembuhkan berbagai macam penyakit, baik penyakit luar maupun penyakit dalam, serta sebagai bahan kosmetik.

Selain menawarkan produk obat herbal yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan masyarakat, industri VCO yang dijalankan oleh mama Martha Dhai dan Bapak Kasianus Lado memiliki prospek yang sangat bagus untuk ekonomi keluarga maupun masyarkat sekitar Dusun Blidid. Lewat industri ini, Mama Martha Dhai dan Bapak Kasianus Lado membuka lapangan kerja dan menjadi contoh produktif bagi masyarakat sekitar. Melalui industri dan produk-produk mereka, Mama Martha Dhai dan Bapak Kasianus Lado pun berusaha memperkenalkan wisata alam Egon yang meliputi pendakian gunung vulkanik Egon, pemandian air panas, dan pemandian alami pada bendungan Waigete, suatu upaya luhur untuk mengembangkan pariwisata daerah mereka yang masih sangat alami dan eksotik serta memberi kesegaran rohani, tetapi belum dikenal luas. Bagi para pembaca yang berminat silahkan datang, lihat, dan alamilah khasiat penyembuhan dari kaki gunung Egon!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar